Jun 22, 2010 @ 3:46 PM
halo, gue buat 2 postingan hari ini hahaha.

rumah gue kan ada warungnya. yak, mungkin karena terlalu males buat jajan diluar jadi kami memutuskan buat buka warung aja. hahaha. besok besok kalo lagi males ke bonbin apa mau bikin bonbin ndiri di rumah? lanjut, liburan kali ini (eh, masih pantes ga sih disebut liburan?) gue mendadak jadi pelayan. bedanya, gue ga perlu bukain pintu sambil senyum lebar lebar ke pelanggan. nah, menurut analisa gue selain dibagi oleh kasta, manusia juga bisa dikelompokkan berdasarkan cara mereka membeli barang. cek dis awt.
1. pelanggan sabar.
pelanggan yg satu ini sangat bersahabat bagi penjual. ambil contoh saat banyak pelanggan yg sedang mengantri membeli, pelanggan tipe ini mau bersabar menunggu gilirannya. ada juga yg malah mempersilakan pelangan lain untuk dilayani dulu. intinya, pelanggan tipe ini adalah yg paling canggih deh.
2. pelanggan lupa.
pelanggan ini hobi banget ke warung berkali kali dalam tempo waktu yg singkat cuma gara gara dia lupa mau beli barang apa -__- . pelanggan tipe ini kurang disukai penjual karena paling paling barang yg dibeli pun tidak sebanyak yg diperkirakan.
pelanggan : mas, beli dong.
penjual : ya, mau beli apa?
pelanggan : apa ya? bentar ya mas, saya tanya dulu.
penjual : ya bolebole.
(beberapa saat kemudian)
pelanggan : mas, saya inget mau beli rokok aja deh 1 bungkus.
penjual : rokok apa mas?
pelanggan : waduh, rokok apa ya? bentar ya mas, saya tanya dulu.
penjual : (gondok)
(beberapa saat kemudian) (lagi)
pelanggan : rokok djarum super aja.
penjual : oke, sama korek ngga?
pelanggan : emmm, iya ngga ya?
penjual : (nangis)
3. pelanggan suka nawar.
pelanggan yg ini saya rasa kebanyakan baca buku tabungan. kerjanya kalo udah nyampe di warung selalu nawar barang yg dia pilih. oke, tawar menawar memang biasa. tapi inget, ini warung bung. kalo mau nawar di pasar aja sono. udah nawar ga dibolehin ujung ujungnya ga jadi beli. kampret.
pelanggan : mas, minyak sekilo ya.
penjual : ini bu.
pelanggan : berapa mas?
penjual : sekilo tuju ribu aja bu.
pelanggan : HAH? BENARKAH? (nadanya kayak sinetron cinta fitri)
penjual : iya bu, kenapa?
pelanggan : lima ribu aja deh mas. dipasar juga segitu.
penjual : duh gabisa bu. ini emang dari sananya.
pelanggan : yaudah gajadi deh mas, saya beli di pasar aja.
penjual : (pengin mandiin pelanggan pake minyak)
4. pelanggan plin plan.
biasanya golongan anak sd ke bawah. kalo udah hadap hadapan sama penjual mesti mikir dulu mau beli apa. ambil contoh :
anak sd : mas, mau beli taro dong.
penjual : boleh, berapa?
anak sd : satu aja, eh bentar deng.
penjual : iya kenapa?
anak sd : gajadi, aries aja yg ada hadiahnya.
penjual : yayaya (mulai sewot)
anak sd : eh bentar, tapi ga dibolehin sama mama.
penjual : terus?
anak sd : permen aja deh, 5 biji.
penjual : (diem diem ngambil pentungan)
5. pelanggan sok kaya.
pelanggan tipe ini suka berlebayan dalam membeli barang. tapi biasanya barang yg dibeli itu jauh lebih murah dari omongannya. biar diangap kaya gituh.
pelanggan : mas, beli sabun mandi ya. yg merk xxx aja, saya beli di indo***** harganya 3 ribu. (bangga)
penjual : ini mas. 2 ribu aja.
pelanggan : wah kok murah ya? emang lagi dison apa gimana? duh gaenak nih beli barang murah.
penjual : emang harganya segini bu.
pelanggan : wah saya sukanya pake yg harganya agak mahal gituh. ga gatel di badan.
penjual : jadi gimana dong bu?
pelanggan : yaudah yg ini aja zzz (paling murah)
penjual : oohh..
6. pelanggan utangan.
pelanggan tipe ini 11-12 lah sama pelanggan sok kaya. bedanya, kalo pelanggan sok kaya masih ada duit buat beli, nah kalo pelanggan utangan ini udah duit ngepas tapi pengin beli macem macem.
pelanggan : mas, obat nyamuk ada ga?
penjual : ini bu. harganya 3 ribu.
pelanggan : eh sekalian kacang atom sama mi sedap dong.
penjual : yodah ini jadinya 6 ribu.
pelanggan : ini (ngasih 5 ribu)
penjual : loh kurang seribu bu.
pelanggan : udah, tulis aja dulu besok saya bayar lagi.
penjual : (diem)
termasuk pelanggan manakah anda?
eniwei cukup sekian, saya mau bayar utang dulu sama tukang somay depan. bye -__- Labels: Tips
Comments
(0)
|
|
|