<body>




paskus
JUST ANOTHER SIDE OF ME THAT YOU WON'T UNDERSTAND
« Back to main
ATTENTION
Welcome to PasukanKudis. A simply blog from a freaky kid. I make this blog to write what I want, I feel and I do. Just take a sit and read. Thanks for coming :)
WHEN A SUPER BE A SUCKER
Oct 2, 2010 @ 8:27 PM
hai haloo :D

buset sempet lupa password blog tadi. sempet panik juga gara gara adek gue minta ditelponin ke *999 apalah. katanya sih kalo nelpon ke nomer itu bisa jadi kaya. hahaha. gosip anak smp. kok malah jadi bahas ini?

well, soro dori ersa mayori makan roti mari, gue bener benr ga sempet buat sekedar nulis lagi di blog. semenjak emang koneksinya yg gada di kontrakan, gue juga agak minder pas tau salah satu temen gue bisa ngeruk dolar dari blognya. lha gue? tau cara bikin koprol juga baru kemaren kemaren. hedeh.

ehem.

bingung mau nulis apa. eniwei, akhir akhir ini gue lagi pusing. gue ngerasa kalo jurusan yg gue pilih ini bukan "gue banget". gue takut kalo kedepannya malah bakal jadi boomerang buat gue. soalnya gue pernah liat di film ada 3 anak idiot yg masuk jurusan tertentu dan ternyata salah satunya emang ga ada bakat disitu. terus ada rasa rasa penyesalan gitu. hedeh.

yg bikin gue tambah ga enak adalah gue pernah bela belain jurusan yg gue pilih ini sama jurusan yg dipilihin ortu gue. jadi, ortu gue kepingin gue ada di jurusan A tapi gue dengan keukeuh tetep milih jurusan B. sempet diem dieman juga 2 hari sama mereka. walaupun akhirnya gue dibolehin masuk ke jurusan B.

huhh. sekarang ginilah nasib gue. jurusan yg gue bela di depan ortu gue malah seakan berubah jadi monster yg terus terusan neror gue. bikin gue gabisa tidur. bikin gue ga semangat kuliah. gue nyesel.

seseorang pernah ngomong ke gue "choice is yours". dia ngomong kalo mungkin aja ini emang udah jalan gue. gada yg instan. satu satunya yg instan dan enak cuma indomie goreng. mungkin sekarang lo nyesel sama pilihan yg lo pilih tapi inget kalo lo adalah salah satu dari orang paling beruntung di dunia yg sempet nyicipin bangku kuliah. mau ga mau lo bakal ngabisin 3-4 tahun idup lo disini. biarlah sekarang lo ngerasain paitnya dulu karena gue yakin lo juga bakal ngerasain manis yg bakal bikin lo lupa sama jerih payah selama ini.
sweet :))

dia bener.

at least, gue gamau nyerah gitu aja disini. walaupun tetep masih ada kemungkinan buat pindah jurusan, paling ngga gue bisa pindah dg IP yg ga malu maluin.

well, choice is yours.
 

Labels:

Comments (3)
back to top ↑
Jun 25, 2010 @ 2:18 PM
nowplaying : ipang - sahabat kecil.mp3

malem semuanya.
entah kenapa gue lebih suka nulis saat semua orang udah terlelap. saat suhu yg panas turun dan digantikan suhu dingin yg menusuk. insomnia? gue rasa bukan. lebih tepatnya kangen. perasaan yg diam diam tumbuh di hati, membesar dan makin besar sampai pada akhirnya tinggal menunggu saat yg tepat untuk meletus. lalu kembali kempis dengan memunculkan lubang kecil. dan lama lama dilupakan hingga akhirnya terkubur kembali dalam ingatan. kangen memang unik. dia bisa mengombang ambingkan perasaan kita berkali kali dalam jangka waktu yg singkat.

seharusnya saat ini gue udah tidur. terlelap dibalik selimut. tapi engga, gue malah nyalain laptop malem malem, mencoba mencari kesibukan sebelum tidur. tangan gue memainkan mouse dg lincah. klik sana sini di folder photo dan sampailah di folder Its All About Friendship. folder khusus yg gue dedikasikan buat menyimpan foto foto kenangan gue selama jadi generasi putih abu abu. gue liat satu demi satu foto yg tersimpan. foto tentang gue, temen gue dan semuanya. suasana sekolah, solat luhur bareng, sampai terakhir phhoto session. gue senyum sebentar. berusaha membuka lagi kenangan terindah dalam hidup gue itu. yang masih tersimpan rapi dalam otak gue. tentang bagaimana kita menjadi lebih dari sekedar temen dalam waktu 2 tahun.

gue masih ingat dg jelas gimana suasana pagi di lantai 3 sebelum bel berbunyi. kita selalu ngumpul di toilet pojok depan ipa 7 and what? ngaca bersama. gue inget gimana marahnya kita saat tau ternyata kaca besar depan wc diumpetin oleh anak anak ipa 7. hal sepele yg bisa bikin kita kompak. inget ga kalian saat kita sekelas kabur semua pas bimbel jerman kelas 2. hahaha. gue ga nyangka kalo kita mau dan mampu untuk bernekat ria kaya gitu. hasilnya? besoknya kita semua disuruh bikin surat pernyataan yg ditanda tangani oleh orangtua dan kepala sekolah. dan sampai saat ini gue masih belum yakin kalo surat itu asli tanda tangan orang tua kalian. atau ini, kenangan saat kita jadi juara di gebrak sma. asli gue hampir nangis kalo mikir itu. dari pertama bikin ide yg niatnya cuma baca puisi aja bisa berkembang jadi drama musikal parodi tentang manohara dan michael jackson. ketika gue pas malem malem pergi ke mandiraja buat jemput aziz buat rekaman drama kita dan akhirnya dia nginep tempat gue. yg paling bikin gue merinding pas wali kelas kita sampe nangis saat liat drama kita. gue speechless. inget ga suasana yg selalu kacau saat kita rapat? and i mean selalu. sampai suatu ketika pujangga yg notabene ketua rohis yg alim bisa nggebrak meja buat nenangin kita. dan yah, kalian yg bikin gue dan pujangga mau repot repot bawa gitar dari rumah cuma buat ngehibur kalian di jam jam kosong dg lagu lagu yg jatohnya malah bikin tambah mumet. hahaha sori dori stroberi.

engga kerasa tiba tiba mata gue perih. kaya ada yg mau netes dari mata gue. yg tentunya segera gue hapus pake kaos. gue kangen banget. gue gamau ada kesedihan dalam kenangan kita. gue yakin kalo kita bakal besar dan jadi orang hebat. entah itu dengan atau tanpa OBUR CINEMA UNITY. gue tau jalan kita masih panjang banget dan fase generasi putih abu abu cuma sekedar "anak tangga lain" demi mengejar cita cita kita. gue cuma pingin jadikan kenangan kita ini jadi salah satu kenangan terindah dalam hidup kita. karena kita pernah dan masih jadi OBUR CINEMA. kita bukan hanya temen. kita adalah keluarga. oke, cukup sendu sendunya. bisa bisa ntar gue nangis darah *ekstrim abis.

hmm, kenapa nama kelas gue OBUR CINEMA? sebenernya namanya cuma CINEMA aja. OBUR baru ditambahkan setelah kita melakukan hal gila lainnya. jadi gini, dulu pas kelas 2 kita dapet kelas yg naujubilah ga pantes disebut kelas. tempatnya itu underground. and i mean underground. gelap, pengap, kotor. karena dapet tempat yg cuma layak disebut gudang, muncul ide di otak gue buat ngasih nama SINETROND singkatan dari sebelas ipa enem undertground. yak gue tau kalo itu maksa. salah satu temen gue namanya kiwul nolak mentah mentah. gatau apa karena dia malu ketauan suka nonton sinetron apa karena muncul ide cemerlang lain dari otaknya. dia ngasih nama CINEMA. singkatan dari Comunity Ipa Enem Asyik. terdengar kiyut, eh? tapi kok kedengeran kaya nama orkes melayu? gue pun ngusulin supaya singkatan belakangnya diganti aja jadi Aargghh.. jadinya Comunity Ipa Enem Aargghh.. oke, tetep ga nolong. tapi mungkin karena terbuai dengan cara penyampaian gue yg cemerlang, mereka cuma manggut manggut aja. jadilah nama kelas kita CINEMA : Community Ipa Enem Aargghh..

nah, pas naik kelas 3 ternyata sifat sok tua kita muncul. mulai deh sering bolos mapel, jarang ngerjain tugas dll. sampe akhirnya ada sekitar 7 anak saat itu (gue juga) yg bolos pas pelajaran kimia. nah, triknya adalah pura pura cape abis olahraga terus solat dulu di masjid. rencana yg bagus kan? hahaha. apesnya ada 2 orang anak (satu ga berangkat lagi sakit) yg tetep masuk mapel kimia. daaaann.. si bocah ini turun lagi nyamperin kita yg masih di kantin bilang kalo "kalian dihukum". bilangnya emang pelan tapi efeknya itu lhhooo.. kita speechless 5 detik. yodah kitapun bikin rencana mau minta maap pas bu kimia baru keluar ngajar. dan.. ga berhasil. huh. sampe minggu pertama kita belom berhasil minta maaf yg bener sama beliau. pas hari H ada mapel kimia, kita semua udah berharap kalo bu kimia udah lupa sama kejadian minggu lalu. tapi ternyata oh ternyata.. beliau bilang, "yang kemaren ga ikut mapel saya, sekarang keluar." JLEB! diiringi tatapan "kasiandehlu" dari anak anak lain kita semua keluar kelas. cuma bentar sih keluarnya, ternyata si guru masih baik hati dan mengutus salah satu bocah buat nusul kami supaya naik lagi ke kelas. di kelas, kita semua minta maap dan... dimaapin dong, hahaha. nah, saat itu ada temen gue namanya bojeng, dia ngomong, "gapapa namanya juga Obur, Orang Kabur." nah, munculah sebutan Obur.

wah, gue rasa semalem pun ga akan cukup buat nulis tentang OBUR CINEMA. intinya, gue seneng banget bisa ada diantara kalian selama 2 tahun ini. ngelakuin semuanya bareng bareng. temenan bareng musuhan bareng. kalian lah para manusia yg bikin gue sadar kalo masa putih abu abu emang bener bener salah satu masa terbaik kita. kalianlah yg bikin gue punya kenangan indah yg nanti bisa gue ceritain ke anak cucu gue. kalianlah orang yg dengan bangga gue sebut SAHABAT :)


gue nemu quote bagus :
"sahabat itu gaboleh minta lebih. bolehnya ngasih."

-Kain Warna Warni, Indonesian (Indie) Movie-

Labels: , ,

Comments (0)
back to top ↑
May 22, 2010 @ 9:29 PM
Diberitahukan:
Hri rbu tgl 26 mei hrap dtang kSMA guna cap 3 jari sttb
Pukul 09.00 wib

sebuah pesan singkat masuk ke hape gue sore tadi. hmm, tibatiba gue ngrasa kalo gue udah jauh melangkah selama ini. gue adalah seorang remaja yang sebentar lagi jadi mahasiswa. saatnya meninggalkan dunia khayalan SMA menuju dunia nyata UNIVERSITAS. gue mulai ingetinget masa gue mulai kenal dengan pendidikan.

TK

gue pertama masuk tk di tk apa ya lupa namanya, hahaha, yg jelas lokasinya di kapling, sokanandi. tiap hari jam 7 gue dibonceng bapak ke tk itu. banyak sih temennya tapi jujur gue juga lupa semua, hahaha. yg gue inget itu pas gue masih nol kecil gue pernah mukul kepala temen gue pake boneka unyil, dan yak gue lupa namanya.
jadi gini, saat itu kalo ga salah lagi diajarin cara mewarnai sama bu guru. nah, temen gue (sebut saja afgan) minjem crayon ke gue, tapi guenya ga ngasih karena masih dipake. eh dianya meksa ngrebut crayon dari tangan gue. gue marah. dengan keadaan kalap gue ambil boneka unyil di lemari, kebetulan gue juga duduk deket lemari. terus tanpa basa basi gue sentuh kepalanya pake boneka itu (baca : mentung) CETOK!
HUAAAAA HUAAAA! dia nangis dengan sukses. bu guru langsung mendekat dan ngambil boneka unyil dari tangan gue. dan gue? gue diem sambil nunduk. kampret semua anak dikelas langsung diem dan ikut ngliatin gue. ada juga yg ikutan nangis. terus pas lagi masa masa gaenak gitu tibatiba HUOOOKKK
afgan muntah dengan diatas buku gambar gue. dia muntah gitu aja dong sodara sodara. -_____-


SD

gue juga udah cerita kan masa masa sd gue yg digilai cewe cewe. hahaha. baca postingan bawah deh. ada lagi sebenernya yg gue inget. dulu pas gue kelas 4 kalo gasalah, gue pernah nyusun rencana ultah buat ibu gue.

jadi gini, pas gue mau berangkat sekolah, bapak cerita kalo sekarang tuh ibu ulang taun. nah, karena gue pernah liat di sinetron bidadari,
kalo ibu ibu itu suka pake kosmetik, gue pengin beliin ibu gue kayak gitu. di sekolah gue ngomong ke anak anak kelas kalo sekarang tuh ibu gue ultah dan gue mau beliin dia sesuatu tapi gue ga punya duit. tibatiba aja gue ngomong," minta keiklasannya temen temen nyumbang berapa deh buat ibu aku." malu sumpah kalo gue inget kejadian dulu. tapi namanya juga anak kecil. setelah pada nyumbang, duit kekumpul ada sekitar 15 ribuan. cukup banyak menurut gue yg anak sd. sekarang bingung mau beli kosmetik dimana dg duit segitu. eh, ada temen cewek yg usul kalo di pasar itu banyak yg jualan kosmestik.

pasar? gue takut ke pasar. gue pernah ke pasar sama ibu naik angkot dan gue ga kuat bernafas di dalem situ. edian, aroma ketek dimana mana. tapi, sekarang demi ibu gue lakuin. siangnya, sepulang sekolah gue, aji, dika, rahma, estri pergi ke pasar. bingung nungguin angkot, ternyata estri sama rahma udah naik angkot dulu. gue panik. ga berapa lama, ada angkot dateng. tanpa mikir panjang langsung gue stop terus kami naik. di dalem angkot phobia gue muncul. gue mule susah napas, untung gue inget nasihat ibu gue dulu. "kalo ga kuat lambaikan tangan ke kamera." ups sori salah, maksud gue "buka aja kacanya, sayang." dan gue pun baik baik saja. alhamdulillah.

nyampe di pasar, ternyata angkot gue sama yg dinaikin rahma berhenti di tempat yg sama. perjalanan mencari kosmetik berlanjut. setelah ngubek ubek pasar dapet juga deh bedak, handbody, sama viva (kalo gasalah bedak buat ketek :p) gue cuma ngasih duit ke orangnya dan dia ngasih itu aja. misi selesai sekarang tinggal pulang. nyampe di rumah, gue ngetok pintu dan SURPRISE ibu gue yg bukain. kita nyanyi hepi birthday to you bareng bareng dan ngasih kado kosmetik itu. hahaha, seneng rasanya bisa ngasih sesuatu buat ibu gue. dan ini berkat kalian juga temen temen sd. hihi.

buat cerita jaman smp dan sma besok aja yak, capek juga nulisnya haha.

Labels:

Comments (0)
back to top ↑
May 16, 2010 @ 2:18 PM
what's on your mind?


facebook. sahabat maya saya tidak pernah bosan menanyakan hal yg sama setiap kali saya mencolokkan kabel speedy ke laptop. pertanyaan simpel memang. dan biasanya selalu saya isi dg tulisan ga mutu yg acap kali terlintas di pikiran saya. bahkan, karena seringnya saya mengganti tulisan di facebook (atau bahasa gaulnya update status) saya terpilih menjadi Raja Eksis KelasRolas Award 2010. wtf. cuma modal status bisa dapet trofi. hahaha. tapi sekarang, jadi sulit menemukan tulisan ga mutu di otak saya karena what's on my mind right now is you. and always you. come on, get out from my mind just for a second. selamat, anda telah membuat saya gabisa tidur belakangan ini.

hmm, ngomong ngomong gimana fase pengangguran kalian? ternyata gaenak ya jadi pengangguran. sewaktu saya masih duduk di bangku sekolah dasar. masa dimana potongan rambut belah tengah masih menjadi trend, saya selalu menganggap enak juga kali yah jadi orang dewasa yg udah ga sekolah. udah ga perlu mikirin pelajaran, temen yg nyebelin, bisa main sepuasnya, dan yg paling penting  ...

BISA NONTON POWER RENJER DI RCTI TIAP HARI.
krik.. krik.. krik..

saya     : wahai ibundaku tercinta. orang yg telah melahirkanku dengan susah payah.
bunda  : iya anakku. calon kesatria penunggang kuda putih. ada apa gerangan?
saya    : saya ada sedikit masalah yg selama ini mengganjal dalam lubuk hatiku terdalam.
bunda  : apakah itu wahai anakku? bolehkah bunda mengetahuinya?
saya    : kenapa power renjer tayangnya jam 8? padahal saya masuk sekolah jam 7?
bunda  : *diam sebentar. itu takdir, anakku. sudah kehendak redaksi rcti untuk menayangkan power renjer pada jam tersebut. kita sebagai manusia biasa hanya bisa pasrah.

*beberapa kalimat lagi dan postingan ini akan sukses masuk kategori kitab Bharatayudha.

percakapan itulah yg membuat saya ingin cepat tumbuh dewasa dan menyelesaikan sekolah agar bisa nganggur dan yak, menonton power renjer.

masa sd memang selalu berkesan bagi saya. ada banyak cerita khas anak anak yg terjadi. bahkan kadang juga cerita orang dewasa bisa masuk ke dalamnya. drama percintaan contohnya. cekidot.

disekitar rumah saya ada banyak teman yg kebetulan bersekolah di sd yg sama. dan saya bersyukur karena diberi wajah yg ga buruk buruk amat lah di kalangan anak sd sehingga kadang ada temen cewek dari kelas lain yg memberikan surat cinta kepada saya. ini beneran. suatu hari temen saya (sebut saja Robin) memberikan amplop warna pink kepada saya. apa yg ada di benak kalian ketika melihat seorang cowo memberikan amplop warna pink (dan wangi) ke cowok lain? yak sodara sodara, saya juga memikirkan hal yg sama.

robin  : nggih, ini ada surat buat kamu.
saya   : surat apa? kok pink? wangi lagi. jangan jangan kamu ...
robin  : NAJIS. ini dari dia (sebut saja mawar).
saya   : oh, iya makasih. *dalam hati bersorak karena Robin gajadi nembak saya.

you see? ternyata saya cukup populer di kalangan anak sd. entah karena saya yg begitu gaul (rambut belah tengah, gaya tomi si power renjer merah, sepatu new era) atau mata mereka yg bermasalah.

tapi, cuma ada satu orang dihati saya saat itu dan orang itu adalah melati. temen sekelas saya pindahan dari palembang. dia imut, rambutnya panjang dan kalau berjalan prok prok prok. singkat cerita, akhirnya saya memberanikan diri buat ngomong ke dia.

saya   : mel, aku suka sama kamu.
melati : hah? kita kan masih kecil?
saya   : iya, tapi aku suka sama kamu. gimana?
melati : bentar, aku tanya mamah dulu.
saya   : *krik krik krik

apa yg terjadi selanjutnya sodara sodara?
ternyata mamahnya melati menghubungi bapak saya yg notabene guru saya juga saat itu dan ...

bapak   : mas, kamu pacaran ya?
saya      : engga pak, sama sapa?
bapak   : itu, melati.
saya      : *DEG.
bapak   : kamu itu masih kecil belum boleh pacaran.
saya      : tapi, pak, di power renjer tommy pacaran sama kimberly.
bapak   : err,

malemnya, bapak pulang sambil membawa mainan power renjer yg bisa bergerak dan bersuara kalo dipencet tombolnya. intinya GAUL ABIS DEH IH.

bapak   : mas, ini bapak bawain mainan power renjer.
saya      : *mata berkaca kaca, mulut mlongo, berasa mau salto.
bapak   : tapi, kamu harus putus sama melati.
saya      : *DEG, ternyata ini cuma akal akalan bapak saya saja. terbayang kenangan saat main sama melati. pinjem pinjeman pensil. main sloropan bersama dan...
bapak   : gimana, power renjer apa melati?
saya      : *diam sebentar. SAYA PILIH POWER RENJERNYA AJA PAK.

dear melati,
maap melati, cinta kita terpaksa kandas di tengah jalan. karena hatiku telah terpikat oleh yg lain. dia, robot robotan power renjer.

dear robot robotan power renjer,
kamu gaul abis deh. mari kita mulai hidup baru kita dengan selamat sentosa menghantarkan rakyat indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan yg bla bla bla.

sekian.

maap cuma postingan sampah :p

Labels: ,

Comments (2)
back to top ↑
May 2, 2010 @ 6:32 PM
hai :D
lama juga ga ngeblog.

what's news?
emm, banyak. yg paling bagus itu kemaren pengumuman kelulusan and gue sama anak2 lulus semua :D kerjasama yg baik mendatangkan hasil yg baik juga ternyata. haha. oiya, gue juga udah keterima di dua universitas yg cukup bergengsi menurut gue. it telkom sama ugm :)
yah, walopun ehem dua duanya "cuma" masuk D3. kalo jujur sih gue pengin ke it telkom aja. selain jurusannya yg pas sama gue, gue juga pengin ngerasain hidup di bandung. katanya sih ceweknya cakep2. haha. tapi, cenderung ke ugm paling. banyak temen dan juga ga begitu jauh sama rumah. well, it's my problem rite?

sekarang, terhitung 7 hari yg lalu sampe bulan agustusan besok gue masuk ke fase yg cukup membosankan menurut gue. fase dimana kita gabisa dibilang anak sekolah, gabisa juga dibilang anak kuliah. hmm, gue agak menghindari pemakaian kata pengangguran. gaenak aja didenger kuping. masa ganteng2 nganggur? hehe, piss out.

sekarang apa yg gue lakuin?
nah, ini dia pertanyaan paling nylekit menurut gue. nggembel kali yah? bangun jam 7, nonton tivi, maem, pup, maen, tidur jam 1. lama2 gini bisa nyaingin ade namnung nih kayaknya.

hmm, gimana kabar anak2 obur ya?
jujur gue malah agak ngelupain anak2 kelas, maap ya, ga kayak dulu pas sebelum ujian, kayaknya sediiihh banget mau ninggalin mereka dan rutinitas kita selama ini. emang sedih sih, dan ini beneran. cuma gue lebih bingung mikir gimana cara bisa masuk universitas yg lebih canggih lagi dari yg gue dapet. fyi, gue mau daftar stan sama snmptn ugm yg s1. jadi, ya maap aja kalo kapasitas buat bersedih sedih ria bareng anak kelas agak tersingkirkan. tapi, kalian tetep sahabat nomer satu di dunia kok :)

duh jadi bingung gini kalo mau nulis.
sebenernya gue mau nulis tentang betapa kangennya gue sama masa kecil gue. nah loh ganyambung kan sama prolog diatas? biarin.

so yeah, gue ga mau mungkir kalo sekarang gue iri sama adek gue, luki. selain karena dia lebih ganteng dari gue, dia juga sering dikasih perhatian sama orang lain. gue kangen sama saat saat pas gue ompong dan menurut mereka gue ngegemesin. gue kangen sama saat saat pas gue ngompol dan menurut mereka gue lucu. gue kangen saat gue ngelakuin hal bodoh dan mereka malah welcome sama gue. it's fun isn't it? kayak kita tuh gapernah kehabisan kasih gueng dari orang orang. coba kalo sekarang gue nerapin hal hal diatas. oke, mending jangan dibayangin. apa mereka bakal tetep bilang, ih lucunya, ato mungkin kalo mereka alay bilang, idih, uCuL beUdh. gue rasa mereka bakal ngirim gue ke rumah sakit jiwa.

kadang gue nganggep dengan bertambahnya usia justru semakin berkurang hal hal spontanitas yg biasa kita lakuin waktu kecil. pas kita masih kagum sama balon terbang, pas kita masih percaya adanya kebo pemakan manusia. (kalo ga ngeh, coba dengerin lirik terakhir lagu nina bobo). kemana perginya pikiran primitif kita? kemana perginya perasaan kagum sama hal hal ajaib yg terjadi di sekitar kita?

hmm, nulis apa sih gue?
gue juga bingung. campur aduk sajalah. haha. ohya mumpung sekarang masih tanggal 2 mei, gue mau ucapin selamat hari pendidikan. semoga makin banyak siswa siswi indonesia yg lebih pinter dari gue. and surprisenya adalah hari ini juga ultahnya bapak gue :) semoga makin muda aja ya pak :p dan ga nyesel udah ngelahirin gue :p maap kalo belum bisa jadi yg bapak harapin.

sekian tulisan gue sore ini.

salam dangdut,

singgih

Labels:

Comments (3)
back to top ↑
Feb 25, 2010 @ 8:16 PM
saya tahu ini bukan saat yang tepat buat nulis.

disaat UAN tinggal nunggu kalender ganti bulan. saya malah masih sante-sante kayak gini. hmm. apalagi hari sabtu besok orangtua disuruh dateng ke sekolah buat ngambil hasil praUN. apakah mereka bakal tetap nganggap saya anak kalo ternyata hasilnya di luar dugaan? susah buat ditebak.

eniwai,
saat ini sering banget saya ngalamin unidentified mood. gatau spellingnya bener apa engga anu tadi ga sempet ngecek di google translate. jadi semacam perasaan kayak mau marah tapi nggak tahu apa salah saya. kayak mau nangis tapi bertahan dengan prinsip cowok gaboleh nangis. kayak mau bingung tapi.. tunggu! itu memang sudah cetakan darisana.

apa ini efek dari phobia UN?
breketek breketek titot titot.

tolonglah ya Allah, berikanlah sedikit "bocoran" rencana masa depanku. amin. saya janji deh gabakal ngasih makan adik saya beling lagi. *berasa kuda lumping* sebagai gantinya remah remah setip merek fabercastel saja.

betewe,
susah buat nulis kalo gadapet mood yg pas.

eh, sering perhatiin sinetron indosiar kan? ada satu yang sempet narik perhatian saya. judulnya UFO.

aneh juga liatin orang ngomong sama alien kayak bunyi kentut. tapi, herannya dua duanya sama sama mudeng. kalo engga salah dulu aktornya juga pernah main sinetron yang jadi orang idiot kan? jadi ngingetin pas saya sd.

indosiar kayaknya hobi banget bikin filem yang bilingual. kalo engga salah dulu juga sempet nayangin sinetron tapi pake bahasa arab. apaan judulnya saya lupa. tapi hebat juga yak yang main sinetron bisa keliatan faseh gitu ngomongnya. kalo saya yang main paling pol juga bilang assalamualaikum sama bismillah aja. terus ada juga sinetron pake bahasa malaysia. mentang mentang lagi "panas" sama malaysia sampe bela belain buat sinetron bahasa sono. kalo "panasnya" sama orang prancis saya rasa tukang obat batuk bakalan laris. la gimana engga orang ngomongnya pake suara leher. engga kebayang berapa liter riak yang dikeluarin artisnya tiap satu adegan. apalagi kalo ditambah efek naga raksasa terbang sambil nyembur api.

behhh, filem 2012 bakal kalah deh. tauk ndirikan gimana canggihnya efek sinetron indosiar. ngomong-ngomong lucu juga kayaknya kalo filem 2012 dibuat versi sinetron ala indosiar. kayaknya bakalan lebih heboh dari versi layar lebarnya.


tuhkan kalo lagi engga mood malah ceritanya kemana mana.

eh, hape saya bunyi. udah dulu nyampahnya. mau bales sms. (penting ga sih?)




Labels:

Comments (0)
back to top ↑
Dec 10, 2009 @ 3:48 AM
selamat malam.
waktu di hape saya sudah menunjukkan 11.24 PM. sudah cukup malam untuk terus beraktifitas. namun, mata saya masih belum menunjukkan tanda-tanda keletihannya. sepertinya efek tidur siang saya tadi belum hilang dari tubuh saya. ditambah lagi tadi saya baru saja minum hemaviton jreng. sebuah tindakan bodoh dari orang yang akan tidur. hasilnya bisa ditebak, saya belum mengantuk sedikitpun.

sebenarnya, waktu senggang ini bisa saya manfaatkan untuk belajar.
mengingat besok adalah hari terakhir UAS dan saya belum belajar sedikitpun dari tadi. namun, entah mengapa akal dan pikiran ini mulai malas. jadi, saya putuskan untuk belajar esok hari saja.

ketika saya membuka lemari, saya menemukan sebuah foto. foto kenangan smp ketika saya dan teman-teman sedang bernarsis ria. sebuah foto yang seakan mengingatkan saya bahwa saya mulai beranjak dewasa. sekarang saya mulai meninggalkan masa remaja saya menuju masa dewasa. mengingat kurang dari 6 bulan lagi saya sudah kuliah.

anak andela, 2006



saya dan kurchache, 2007

saya ingat ketika saya smp, begitu banyak kenangan yang tersimpan di memori ini. entah itu kenangan baik maupun buruk. dan entah mengapa yang teringat di kepala ini hanyalah yang baik saja. dan saya bersyukur karenanya.


dahulu, saya kurang menghargai persahabatan. saya terlalu cuek dalam merespon keadaan sekitar. dan sekarang saya sadar bahwa perbuatan saya salah. setelah semuanya tidak bisa kembali lagi, saya baru sadar bahwa kita sangat membutuhkan teman. teman yang selalu ada di sekitar kita. tertawa bersama, menangis berjamaah. seakan merupakan kepuasan tersendiri. dan semuanya lenyap sudah.

banyak orang mengatakan bahwa masa sma adalah masa terindah. namun, menurut saya mereka salah. bagi saya, masa terindah adalah masa smp. masa ketika kita masih cupu dan alay. masa ketika kita mulai suka dengan lawan jenis. masa terbaik dari waktu belajar saya di sekolah.

mungkin nanti ketika saya sudah kuliah, baru akan mengatakan bahwa masa sma adalah masa terindah. karena kita selalu tidak pernah tahu bahwa masa yang baru saja kita lewati adalah masa terindah dalam hidup kita. kita hanya bisa membayangkan dan merindukan datangnya masa itu lagi setelah kita melewatinya.

habis buka puasa bersama, 2009
 

cinemax gan, 2009

dan, untuk sekarang, saya benar-benar merindukan masa smp saya.

sewaktu smp, saya pernah menyukai seseorang. namun, tentu saja saya tidak akan menceritakannya disini. mungkin nanti. saya juga pernah mempunyai teman yang satu pikiran dengan saya. dia selalu tahu apa yang saya rasakan.

pernah saya menganggapnya tukang nguping dan tukang gara-gara karena dia selalu berusaha mencampuri urusan saya. samapai akhirnya saya tahu bahwa dia melakukan itu karena dia peduli dengan saya. kitapun menjadi sahabat dekat. saya sering curhat tentang apapun terhadap dia. entah itu pelajaran, teman atau bahkan cinta. begitu juga sebaliknya. kita sudah seperti dudung dan maman.

cerita dibawah ini terinspirasi dari cerita raditya dika di salah satu bukunya yang ternyata memiliki kemiripan dengan cerita saya. cekidot.

pada suatu hari, perut saya sakit. sepertinya karena salah makan atau semacamnya. jam istirahat kedua masih bisa saya tahan dengan baik. namun, ketika jam sekolah akan berakhir, saya menyerah. desakan isi perut yang hendak keluar menyebabkan keringat dingin saya mengalir deras.




kebelet boker bisa menyerang anda kapanpun, dimanapun...

sebenarnya bisa saja saya menggunakan toilet sekolah, namun hasil survey terakhir saya adalah toilet sekolah tidak ada airnya. dan apabila saya bawa "beban" ini ke rumah, saya khawatir tidak bisa mendapat angkot yang mau membawa "beban" tambahan ini. akhirnya, karena merasa sudah di ujung tanduk, saya merayu sahabat saya ini untuk mampir ke rumahnya. dan dia setuju-setuju saja. yang dia tidak tahu adalah bahwa sebentar lagi akan ada sesuatu yang menambah kuota septitanknya. setelah kami sampai, saya segera tanya dimana letak toiletnya. dan sayapun berhasil membuang "sisa metabolisme" saya di tempat yang sesuai.

setelah semua urusan beres, saya pun pamit pulang. yah, saya memang bukan teman yang baik. sesampainya di rumah, sahabat saya mengirim sms ke saya. saya pikir wah, dia memang sahabat yang baik, mau menanyakan keadaan saya. ternyata, isi sms itu adalah,
 
"ndra, mau ko tes boker ya? disiram si ngapa?"
"ndra, tadi kamu habis boker ya? disiram dong?"


ALAMAK! ternyata nafsu hewani saya lupa bahwa kalau kita boker di wc itu harus disiram, bukan ditutup sama pasir. lalu saya balas,

"hehe, iya je, sori ya mau anu kebelet banget. siram ko bae, nggo bonus :)"
"hehe, iya nih, maap tadi kebelet sangat. disiram kamu aja, buat bonus :)"


setelah peristiwa itu entah mengapa sikap dia menjadi sedikit berubah terhadap saya.
itulah sedikit cerita tentang memori smp yang bisa saya ingat. dan uuooohhmm, mata saya mulai mengantuk. goodnight blogger. goognight ma men yang saya pinjem toiletnya. have a nice dream.

Labels: , ,

Comments (4)
back to top ↑
Dec 9, 2009 @ 6:09 PM
halo teman-teman. apa kabar?
seperti yang kita ketahui bersama bahwa UAS belumlah selesai. sehingga mungkin kapasitas waktu saya untuk tetap ngotak atik blog ini agak terbengkalai. namun, ternyata saya diingatkan oleh air hujan yang membasahi muka saya dikala saya sedang tidur (mungkin sebagian orang menamakannya genteng yang bocor) sehingga daripada melanjutkan tidur di tempat basah saya memilih untuk menulis saja.

oke, kembali ke tema.
selama 2 hari ke belakang saya sedang mengalami pertempuran melawan musuh-musuh hebat. mereka adalah fisika, biologi, kimia, dll. mereka merupakan penguasa dunia kegelapan kedua setelah prabu Dasamuka. namun, seperti halnya cerita Pandhawa, sayapun mendapat bantuan dari punakawan modern andalan kita. mereka adalah sms, facebook dan mbah google. tanpa mereka dijamin saya tidak akan berhasil meninggalkan bangku panas tempat saya UAS dengan selamat.

huahahahaha....

yah, begitulah hidup.
tadi, saya mengalami peristiwa yang lebih freak dari peristiwa jumat kelabu yang lalu. jadwal pertandingan hari ini adalah kimia dan bahasa inggris. sebenarnya kemarin malam saya sudah membahas taktik perang apa saja yang akan saya gunakan dengan bantuan mahaguru erlangga dan kimia fotokopian.

namun, buju rayu dari fecebook terkutuk berhasil mengalihkan perhatian saya dari membaca buku menjadi membaca hape. hal ini membuat saya melalaikan 2 level terakhir dari 4 level ajaran mahaguru erlangga. dan bisa ditebak, pertarungan saya melawan kimia tidak berjalan mulus. yang menjadi perhatian saya adalah mengapa soal yang keluar selalu berasal dari materi yang tidak kita pelajari? apakah kimia dan lainnya telah menceritakan perbuatan saya yang terjerat ke alam maya ke bapak dan ibu guru?
yang jelas, sekali lagi saya berterimakasih kepada punakawan modern yang telah memberikan jalan kepada saya untuk menumpas kejahatan kimia di muka bumi ini.

sms, facebook, mbah google, dan ...



setelah pertempuran melawan kimia usai, saya sudah dihadang oleh bala pasukan inggris. beruntung saya suka dengan bule-bule inggris sehingga pertempuran tadi bisa berakhir gembira ria. awalnya mereka menyerang melalui telinga saya. saya disuruh menebak 15 langkah kejahatan mereka melalui speaker. namun, yang menarik adalah speakernya rusak sehingga saya dan teman-teman dibebaskan dari fitnah. karena saya anak yang baik suka menabung dan memasak. setelah saya berhasil mengalahkan pasukan inggris saya berniat untuk memberitahukan kepada teman seperjuangan saya tentang kelemahan mereka. oleh karena itu, segera saya tarik punakawan hape dari saku saya. namun, sepertinya Tuhan tidak senang dengan perbuatan saya. kemudian Dia mengutus malaikat untuk membisiki ibu pengawas untuk berjalan ke belakang. ke tempat dimana saya sedang mengetik dengan hati gundah gulana.



saya tidak botak dan bibir saya lentik..



melihat gelagat yang buruk, indera ke enam saya aktif dan memberitahukan kepada saya unuk segera membatalkan perbuatan licik saya, namun saya mengacuhkannya. dan benar teman-teman, ibu pengawas itu telah berdiri di belakang saya. saya yang terlambat menyadari terpaksa meletakkan hape saya ke bawah meja. setelah detik-detik yang menegangkan menunggu ibu pengawas angkat kaki dari belakang saya, terdengar suara yang paling tidak ingin saya dengar saat itu.

DERRTT DERRTT DERRTT. DERRTT DERRTT DERRTT.
orang-orang menatap saya..
saya diam..
keringat dingin keluar..
lutut saya mulai tidak stabil..
mulut berbusa..


waktu itu ada 2 kemungkinan yang akan saya gunakan. pertama, menuduh hape teman sebangku saya yang bunyi. kedua, berpura-pura mati di tempat. namun, ternyata ibu pengawas malah mengambil hapenya sendiri karena dikira suara itu berasal dari hapenya. dan saya pun selamat. kemudian sang ibu pengawas melangkah ke depan dan saya pun kembali mengetik hape dengan riang gembira.

selain kejadian itu ada satu hal yang agak mengganggu dari penampilan saya sebetulnya. saya menyebutnya kutukan belah tengah.

jadi, begini ceritanya.
saya memiliki seorang guru bahasa inggris yang eksentrik. tidak, dia tidak mengajar dengan membawa sajen sambil mengucap mantra. yang aneh adalah dari tubuhnya. bagian atas. yak ke atas lagi. bukan pantat. agak ke atas lagi. yak benar teman-teman. rambut.




dia memiliki potongan rambut seperti charlie st12. namun, lebih ekstrem sedikit. belahan rambutnya tepat di tengah dengan bagian depan agak menggelembung. mengingatkan saya pada teropong hadiah bapak saya ketika saya 6 tahun. karena hairstyle dia yang unik, saya sering meniru model rambut saya agar tampak seperti dia. dan sumpah ini buat lucu-lucuan saja. namun, tampaknya dia sadar dan ingin memberikan serangan balasan kepada saya. sekarang setiap bangun tidur saya melihat rambut saya sudah terbelah di bagian tengah. entah apa yang terjadi. saya pikir saya hanya mengalami mimpi dan menyisir rambut saya tanpa sadar.

namun, seolah belahan jiwa saya meyakinkan bahwa saya terkena kutukan belah tengah dari guru bahasa inggris.

Labels:

Comments (4)
back to top ↑
Dec 3, 2009 @ 12:56 PM
selamat siang teman-teman.
hari ini adalah hari pertama UAS semester gasal. mapelnya matematika dan agama. yang jadi pertanyaan saya adalah mengapa matematika itu sulit? mengapa matematika itu mengandung angka? mengapa ada kata "mati" dalam matematika? mengapa kangen band terkenal?

dari pertanyaan di atas sudah bisa ditebak bahwa saya kurang menguasai matematika. kemarin malam, saya sudah berusaha memberi cinta kepada matematika dengan datang ke les-lesan matematika jam 7 malam berharap dengan sangat matematika akan membalas cintanya kepada saya.


awalnya, memang dia terkesan malu-malu dan memberi harapan. namun, setelah sekian lama saya berusaha membaca dirinya, dia mencampakkan saya begitu saja di hadapan kertas ulangan matematika karena ulah orang ketiga. si bahasa inggris. rupa-rupanya bahasa inggris dan matematika telah bersekongkol akan mempermalukan saya di depan publik.
sakit rasanya hati ini. *maaf, terbawa sinetron Inayah* sepertinya memang matematika sudah menutup hatinya bagi saya. namun, saya tidak akan menyerah begitu saja. masih banyak guru-guru les yang bersedia mencomblangkan saya lagi dengan dia.

oke, kembali ke tema.
setelah ulangan matematika yang cukup mengharukan, saya kembali berhadapan dengan agama. dia tidak terlalu tangguh. sepertinya primbon cara menghadapi soal agama dari erlangga lumayan jitu juga. tak lupa bantuan om google pula saya berhasil melunakkan hati agama (untuk sekarang). masih banyak ulangan-ulangan yang sepertinya akan berusaha menjegal langkah saya. namun walau anjing menggonggong, aral melintang, kutang berterbangan, saya tidak akan menyerah. uuooohh!!


ganti topik.
beberapa waktu yang lalu, ketika saya dan teman-teman sedang rajin-rajinnya mengerjakan tugas karya tulis. terjadi sebuah momen penting.

jadi begini ceritanya.
sepulang sekolah, saya dan aufa sepakat untuk mengerjakan tugas kartul di rumah saya sambil menanti waktu untuk berangkat les. tidak berapa lama kemudian, tugas kartul itupun selesai dengan selamat bahagia sentosa dan diberi nama karya tulisku yang lucu. setelah mengadakan syukuran dan potong tumpeng, kami bergegas untuk berangkat les.

awalnya, saya merasakan rasa malas yang amat sangat mengenai keberangkatan ini. namun, hanya saya pendam dalam hati dan kita tetap melanjutkan perjalanan kita mencari kitab suci. di perjalanan, alam sudah memperingatkan kita untuk tidak meneruskan perjalanan dengan cara menurunkan hujan.
saya yang memiliki perasaan sensitif mulai berfikir ulang untuk berhenti dan kembali pulang. saya pun mengegas mio peewee saya sejajar dengan aufa. dan terjadilah perbincangan.

saya : fa, apakah tidak sebaiknya kita pulang saja?
aufa : mengapa? apakah kamu merasa tidak nyaman?
saya : ya, hujan sudah turun dan celana saya menempel ke pantat. ini membuat pantat saya gatal.
aufa : okelah kalau begitu.

sebenarnya kalau saya langsung pulang mungkin semuanya akan baik-baik saja. namun, cerita belum berakhir.

saya : (yang sebenarnya sudah mulai mengurangi kecepatan kembali menyejajarkan motor dengan aufa) jadi, kita pulang?

ternyata pertanyaan sederhana dari saya mampu mengalihkan perhatian aufa dari jalan dan menatap saya. ini merupakan kesalah fatal.

aufa : ha?!
*SRADAKKK, CEKREKK, NGIKKKKKK*

aufa memiliki banyak bulu (dan ekor)...

ternyata aufa menabrak sebuah mobil pick up yang sedang berhenti. yang sedang apa teman-teman? sedang berhenti.

kiamat kecil ini mengakibatkan slebor depan motor aufa mengalami ringsek. saya yang merasa menjadi kunci dari peristiwa ini terpana. saya langsung merasa menyesal telah menanyakan hal yang tidak penting kepada aufa. namun, rupanya aufa anak yang baik. dia tidak menyalahkan saya dan bersikap biasa. akhirnya, kamipun kembali ke rumah masing-masing.

Labels: ,

Comments (5)
back to top ↑
Nov 27, 2009 @ 6:09 PM
sebelumnya, saya ingin mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA bagi yang merayakan. dan bagi para kambing dan sapi, semoga keluarga kalian diberi ketabahan. saya juga menerima pemberian kurban.

dia tidak tahu maut yang menantinya...

baiklah, saya mulai.
saya dalam keadaan antara sadar dan tidak sadar ketika sedang menulis ini. semacam perasaan ketika anda sedang mengantuk tetapi ada acara tivi yang bagus sehingga membuat anda "mengundur" waktu tidur anda. hasilnya bisa ditebak. pandangan mata tidak fokus, keringat dingin, dan kejang-kejang. oke, mungkin tidak seekstrem itu.

sekarang masih jam 3.33 PM. pengunduran jadwal tidur saya bukan karena belum ada tivi yang menyiarkan acara-acara box office, tetapi karena ibu wali kelas saya sedang menunaikan ibadah haji di mekkah. sekilas memang tidak terlihat adanya hubungan serius dari dua faktor di atas *halah* tetapi wali kelas saya itu pernah mengatakan kalau tanggal 26 November sebaiknya anak-anak ipa 6 tidak tidur.



ini disebabkan karena wali kelas tersebut akan mendoakan kelulusan berjamaah bagi 12 ipa 6 dan supaya mimpi ini terealisasi dengan baik *halah again* pihak yang didoakan jangan tidur. maksudnya biar koneksinya cepet gitu loh. maaf kata-kata saya gaul.
jadi, karena saya merasa dan mengakui akan kapasitas otak saya yang dilema antara bodoh dan pintar, saya menguat-nguatkan mata saya untuk tidak terpejam. dan hal ini cukup sulit dilakukan, teman-teman.

oiya, saya belum berbicara kalo hari ini saya sedang melaksanakan ibadah puasa sunat. apalagi tadi ada kelas olahraga. hal ini membuat energi saya (yang tadi kebetulan sahurnya cuman sedikit) terforsir.

ngomong-ngomong tentang haji. saya jadi teringat tentang kakek saya. beliau juga pernah berangkat sebagai tki calon haji dari Indonesia. namun, anehnya yang beliau ceritakan kepada kami, cucu-cucunya, cuman Solo. benar teman-teman. tampaknya bagi kakek saya pergi ke Solo yang cuma naik bis lebih berkesan daripada ke Mekkah yang naik pesawat. saya juga tidak memahami alam pikir kakek saya yang sudah cukup tua itu.
hmm, mata saya semakin tidak fokus lagi dalam mengetik. mungkin ini dulu jurnal harian dari saya. terimakasih

Labels: ,

Comments (1)
back to top ↑
Nov 25, 2009 @ 8:07 PM

selamat malam semuanya.
kalau kalian pernah sekolah dan pernah lulus, pasti kalian pernah mengalami yang namanya UJIAN NASIONAL (UNAS). kalau kalian belum pernah sekolah (waduh) atau setidaknya belum pernah mengalami UNAS, bersiaplah untuk menegangkan otak pikiran kalian, teman-teman. karena yang namanya ujian itu tidak gampang.

sekarang saya bukan lagi anak SD atau SMP, melainkan anak kelas 12 dari sebuah sekolah yang difavoritkan di kota saya. dan saat ini merupakan saat-saat yang bisa dibilang cukup menegangkan celana otak saya karena ada pemberitahuan dari pemerintah pusat bahwa waktu UJIAN NASIONAL akan dimajukan. sekali lagi akan DIMAJUKAN. akan diapakan, teman-teman? yap, betul sekali DIMAJUKAN.

jelas, sebagai murid normal yang tidak terlalu pintar dan terlalu bodoh, saya cukup shock mendengar berita tersebut. bahkan UAS semester 5 yang kurang dari seminggu lagi diadakan malah menjadi tidak terfikirkan. semua sel-sel otak saya sedang diarahkan menuju tanggal 15 maret 2010. hari dimana UNAS secara resmi dibuka.


apakah yang sebenarnya yang diinginkan pemerintah terhadap para pelajar Indonesia, khususnya angkatan saya ini? apakah mereka khawatir kalau jadwal ujian masih tetap dari rencana semula dan mungkin bersamaan dengan UNAS di negara tetangga kita, Malaysia, akan mengakibatkan Malaysia lebih dahulu mengklaim tanggal tersebut?
jika memang demikian (dan tentunya sangat tidak sama sekali) sungguh merupakan sebuah alasan bodoh untuk membodohi pemuda yang tidak terlalu bodoh dalam rangka pembodohan masyarakat. terus, kalau bukan alasan itu lalu apa? biarkan kami mengetahuinya karena kamilah yang akan mengerjakan soal-soal UNAS sialan itu. kamilah yang akan berjuang untuk Indonesia di masa depan. dan kamilah yang akan tertular oleh pribadi kalian yang suka membodohi masyarakat.

seorang teman saya mengatakan kalau otak manusia Indonesia tidak sama dengan otak manusia dari negara-negara maju lainnya. entah karena tidak pernah dipakai atau lainnya. ketika saya tanyakan alasannya dia menjawab, otak orang Indonesia malah lebih canggih dari otak orang-orang negara lain bahkan Amerika sekalipun karena mampu menyerap sebegitu banyaknya ilmu di sekolah tanpa mengalami stress. bayangkan dengan orang-orang negara lain yang terlihat begitu hebat namun mereka hanya hebat dalam satu hal. sementara Indonesia? mungkin kondisi Indonesia yang tidak terlalu maju diakibatkan karena mereka terlalu pintar dalam menyelesaikan sesuatu. orang Indonesia terlalu banyak menganalisa hal-hal apapun sehingga mereka takut melangkah. memang tidak semua orang Indonesia seperti ini. tetapi mereka punya masalah lain yang sama mengganggunya dengan masalah pertama tadi. bahkan mungkin lebih mengganggu. mereka yang akan melakukan suatu action akan merasa berbeda dari orang lain di sekitarnya. mereka dianggap lain dan biasanya akan digunjing disana-sini. hal inilah yang membuat orang yang semula berniat action akan kembali memikirkan ulang apa tanggapan orang lain terhadap dirinya sehingga mereka kembali mundur, takut dan merasa "nyaman".
demikian ocehan saya yang tidak penting mengenai negara saya, Indonesia.

kembali ke topik UNAS.
sebenarnya apakah arti penting dari UNAS? hasil kerja keras kita selama sekolah 12 tahun hanya dengan iming-imingan selembar kertas dengan foto 4x6 dan angka-angka. padahal kualitaslah yang lebih penting daripada kuantitas. toh ketika kita ditanya oleh malaikat, yang ditanya bukanlah apa maksud teori relativitas tapi bagaimana kita mengisi kehidupan kita.

hmm, apa sih yang baru saja saya tulis?
maaf kalau mengganggu karena saya sedang tidak ada inspirasi dalam mengisi blog saya.

Labels:

Comments (0)
back to top ↑
© Layout done by materialisti-c. xoxoxo